Pelayanan untuk warga negara seperti kesehatan, pendidikan, ketertiban dan perumahan adalah salah satu yang wajib disediakan oleh Negara terutama kesehatan. Tersedianya fasilitas-fasilitas kesehatan seperti puskesma dan rumah sakit menjadi kebutuhan yang tidak bisa diangkap gampang. Baik rumah sakit milik pemerintah maupun rumah sakit swasta sebagai rujukan dari puskesmas harus mampu melayani masyarakat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang terdiri dari enam variabel yaitu Tangible, Responsiveness, Assurance, Competen, Empathy dan Communication rawat jalan di RSUD Balikpapan dengan jumlah sample sebanyak 150 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan dari seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini, baik secara simultan maupun parsial tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada RSUD Balikpapan.
Kata kunci: Tangible, Responsiveness, Assurance, Competen, Empathy dan Communication
Download Jurnal